Kunjungi Samsat Setempoh di Pasar Kite, Komisi II Minta Samsat Tingkatkan Pelayanan Publik

WARTABANGKA.ID, SUNGAILIAT – Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Ranto Sendhu mengharapkan, Unit Pelaksana Teknis Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (UPT Samsat) se-Babel, dapat meningkat pelayanan publik untuk mengejar target-target pendapatan asli daerah (PAD).

“Alhamdulillah, kami mengunjungi samsat setempoh, di Pasar Kite, Sungailiat. Alhamdulillah, kami melihat kegiatan mitra kami Bakuda melalui UPT Samsat Kabupaten Bangka berjalan sebagaimana mestinya. Jadi program-program yang digulirkan Kepala Bakuda dan jajarannya berjalan dengan baik,” ungkap Ranto di sela-sela kunjungan dan dihadiri Ketua Komisi II Agung Setiawan dan anggota Komisi II, Toni Purnama, Mukti dan Jawarno, Sabtu (21/1).

Baca juga: Kepala Bakuda Bantah Pemprov Babel Cabut Dana Silpa Rp 1,1 Triliun dari BSB

Ranto melanjutkan, pelayanan yang dilakukan melalui samsat setempoh di Pasar Kite, masyarakat lumayan antusias membayar pajak kendaraan bermotor (PKB).

“Meski kondisi suasana menjelang Imlek, dari 40 berkas sudah selesai 13 berkas. Kami harapkan kedepan, ada inovasi-inovasi baru lagi didalam mengejar target-target PAD. Dan Alhamdulillah, selain mengejar target PAD melalui Samsat Setempoh, Komisi II mengharapkan, Bakuda dapat menarik PAP (pajak air permukaan). Di Kabupaten Bangka, melalui Plt Kepala UPT Samsat Kabupaten Bangka, Pak Rudi sudah berjalan,” ungkap legislator daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bangka itu.

Baca juga: 22 Hari Pemutihan PKB, Bakuda Babel Catat Pendapatan Rp20 Miliar Lebih

Untuk diketahui, pada Tahun 2022, realisasi pendapatan APBD Babel tertinggi secara nasional per 4 November 2022 yang mencapai 104,6 persen, karenanya Komisi II kata Ranto, akan terus mendukung dari sisi anggaran.

“Kita juga minta UPT Samsat se-Bangka Belitung terus meningkatkan pelayanan publik untuk mengejar target-target PAD,” tutur Politisi Partai Demokrat itu.

Sementara itu, Plt Kepala UPT Samsat Kabupaten Bangka, Rudi mengapresiasi kunjungan dan dukungan yang diberikan Komisi II DPRD Babel.

Baca juga: Ranto Apresiasi Pemutihan PKB Capai Rp20 Miliar

“Kita sangat berterima kasih kepada Komisi II, atas dukungan yang diberikan. Dengan kesibukannya, masih sempat melihat samsat setempoh di Pasar Kite. Ini bentuk kepedulian DPRD melalui Komisi II utk melihat secara langsung pelayanan kepada masyarakat. Terima kasih juga selama ini anggaran didukung oleh komisi II dan DPRD. Kalau tidak ada dukungan, ini tidak bisa dilaksanakan,” ungkap Rudi.

Kabid Pengelolaan Pendapatan Asli Daerah Bakuda Babel itu menambahkan, kegiatan Samsat yang selalu diawasi dan didukung, tentu menjadi motivasi kami.

“Dan ini menjadikan kami bertanggung jawab untuk mencapai target-target yang sudah direncanakan. Insyaallah, target ini terus kita kejar dan optimis tercapai,” pungkasnya.

Untuk diketahui, target pajak daerah UPT Samsat Kabupaten Bangka Tahun 2023 sebesar Rp91.382.290.600.

Adapun rinciannya yakni, untuk pajak kendaraan bermotor (PKB) Rp46.961.680.900, bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) Rp39.577.832.500, pajak air permukaan (PAP) Rp2.588.270.200, denda PKB Rp2.084.958.500, denda BBNKB Rp169.548.500 dan denda PAP Rp522.600. (*/ryu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *