Mudahkan Jalur Produksi, DPPP Basel Kembali Bangun 30 Akses JUT di 6 Kecamatan

WARTABANGKA.ID, TOBOALI – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan (DPPP) tahun ini kembali membangun akses Jalan Usaha Tani (JUT).

Pembangunan JUT ini diperuntukkan di 6 kecamatan yang ada di Kabupaten Basel, dengan tujuan untuk memudahkan jalur produksi dan meningkatkan kuantitas sektor pertanian didaerah itu.

Plt Kepala DPPP Basel Risvandika mengatakan, tahun 2024 ini terdapat 6 kecamatan yang akan di bangun JUT, sebagai penunjang produksi serta peningkatan kuantitas di sektor pertanian.

“Adapun 6 kecamatan yang akan dibangun JUT yakni di Kecamatan Toboali, Simpang Rimba, Pongok, Payung, Airgegas, dan Pulau Besar,” kata Risvandika, Senin (29/1).

Ia mengatakan, pembangunan ini terdiri dari jalan usaha tani juga jalan usaha produksi dengan total 30 akses JUT yang di bangun bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024.

“Pemkab telah menyiapkan anggaran untuk akses JUT sebesar Rp5 miliar, dengan rincian rata-rata satu akses jalan akan mendapatkan sebesar Rp100 juta sampai Rp150 juta,” ujarnya.

Menurut dia, program jalan pertanian tersebut setidaknya dapat pengembangan sarana dan prasarana (Sarpras) guna menekan biaya produksi pertanian, mempermudah transportasi supaya tidak terlalu mahal dan akan berdampak terhadap peningkatan hasil jual serta kesejahteraan para petani.

“Tentunya dalam hal ini, Pemkab Basel bersama kelompok tani terus melakukan intervensi terhadap peningkatan sarana penunjang pertanian, dengan keterbatasan SDM, kita saling melengkapi dengan petani terkait sarana dan prasarana pertanian yang bisa dibangun,” pungkasnya. (Ang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *