Tingkatkan Kapasitas SDM, Panwascam Pemali Gelar Bimtek Bagi PKD

WARTABANGKA.ID, SUNGAILIAT  – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pemali menggelar bimbingan teknis bagi 6 Petugas Kelurahan Desa (PKD) di Hotel Manunggal Sungailiat, Senin (20/3).

Ketua Panwascam Pemali Dedi Damhuri mengatakan bimtek tersebut digelar sebagai upaya peningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kecamatan Pemali. “Peserta hari ini yang ikut bimtek adalah 6 PKD dan juga staf yang ada di Panwascam Pemali,” kata Dedi.

Dikatakan Dedi, pihaknya juga menggundang Komisioner PPK Pemali Divisi Data dan Informasi Nira Alviora dan Komisioner Bawaslu Kabupaten Bangka yakni Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, Hubungan Masyarakat (HP2H) Zulkifli dan Divisi Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Irwandi Pasha.

Dia menjelaskan, yang harus diperhatikan dalam strategi pengawasan yaitu dokumen detail. Termasuk dengan alat kerja berupa form A sebagai bukti dalam setiap pekerjaan yang sudah dilakukan.

“Saya atas nama keluarga besar Panwascam Pemali memberikan apresiasi kepada jajaran PKD atas kerja-kerja pengawasan mulai dari tahapan awal sampai pada tahapan pemutakhiran data saat ini,” kata dia.

Dedi mengingatkan, filosofi kemitraan antara PKD dengan stakeholder terlihat dengan adanya kedudukan yang sejajar diantara bermitra, adanya kepentingan bersama yang ingin dicapai, adanya prinsip saling menghormati dan adanya niat baik untuk membantu dan saling mengingatkan.

“Kunci harmonisasi adalah paham akan tugas, wewenang, dan tanggungjawab. Kemudian jaga komunikasi, saling percaya, membangun harmonisasi atau keselarasan dalam mengoptimalkan kinerja,” ingatnya.(zen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *