Harga LPG 3 Kg di Bangka Tengah Tembus Rp 25 Ribu

WARTABANGKA.ID, KOBA – Harga LPG 3 Kg di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) tembus hingga Rp25.000 per tabung, Senin (22/4). Berdasarkan pantauan di lapangan, harga gas LPG 3 Kg sebesar Rp25.000 per tabung tingkat pengecer.

Sedangkan data dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DisperindagkopUKM) Bateng mencatat harga gas LPG 3 Kg di pasar Air Mesu dan Kayu Besi Rp20.000 per tabung, pasar Namang dan Simpang Katis Rp25.000 per tabung.

Kepala DisperindagkopUKM Bateng, Irwandi mengatakan, pengawasan LPG ini rutin dilakukan setiap minggu.

“Pengawasan setiap minggu, di hari Senin, kita selalu rutin mengecek gas LPG 3 Kg melon ke distributor, jadi selalu kita komunikasikan, berapa mereka dapat dari pusat, lalu dijual ke pengecer,” ujarnya, Senin (22/4/2024).

Ia menjelaskan, untuk saat ini harga gas LPG 3 Kg dari agen ke pangkalan Rp15.000 per tabung.

“Kalau kita cek, harganya Rp15.000 per tabung, kemudian dari pangkalan ke masyarakat Rp18.000 per tabung,” jelasnya.

Irwandi juga menuturkan, untuk gas LPG 3 Kg yang subsidi tetap diperuntukkan untuk masyarakat kurang mampu.

“Seperti biasa sesuai SOP, untuk warga kurang mampu, kemudian, agar tepat sasaran kita juga lakukan pemantauan dan ini kita serahkan ke masing-masing agen, karena tidak mungkin setiap hari kita mengecek ke agen, tetapi sesekali juga kita kerahkan tim untuk memantau langsung di lapangan saat pembagian,” tuturnya.

Ia juga mengimbau, agar distributor tetap menjaga kestabilan stok dan tidak mempermainkan harga.

“Imbauan kami kepada distributor sebagai penyalur, untuk tetap menjaga kestabilan stok, tidak bermain harga dan memberikan gas elpiji 3 kg tepat sasaran, yakn untuk masyarakat tidak mampu, bukan masyarakat mampu,” imbuhnya. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *