Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2024 Resmi Dibuka di Bandung

WARTABANGKA.ID, BANDUNG – Bertepatan dengan Hari Kebebasan Pers Dunia, Pewarta Foto Indonesia kembali menyelenggarakan ajang penghargaan tertinggi foto jurnalistik, Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2024. Usai tahun lalu sukses digelar di Surabaya, Jawa Timur, tahun ini APFI dilangsungkan di kota kembang Bandung, Provinsi Jawa Barat.

APFI 2024 ini telah menyeleksi lebih dari 2500 karya foto yang masuk yang diikuti 246 partisipan. Selama 12 jam, dewan juri memilih foto-foto terbaik dari tujuh kategori. Panitia pelaksana mengundang seluruh penerima Anugerah ke kota Bandung untuk menerima trophy APFI.

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Pewarta Foto Indonesia karena telah berkomitmen untuk selalu menyelenggarakan kegiatan yang mendukung dan menghargai produk-produk jurnalistik terbaik.

“APFI ini bisa menjadi rujukan bagi masyarakat sebagai salah satu literasi informasi. Karya-karya foto jurnalistik bisa menjadi ihwal pemikiran-pemikiran masyarakat serta sebagai medium peningkatan kapasitas pers Indonesia,” ujar Ninik.

Ketua Umum PFI Nasional Reno Esnir menyampaikan selamat kepada seluruh penerima Anugerah. Ia juga mengapresiasi Dewan Pers, PFI Bandung, serta seluruh stakeholder yang telah mendukung gelaran APFI.

“Selamat kepada seluruh penerima Anugerah, semoga foto-foto yang membanggakan ini bisa menjadi perantara pesan kepada publik dan pemerintah akan banyak hal penting, khususnya demokrasi kita. Dan juga terima kasih kepada semua pihak yang mendukung APFI 2024, award ini tidak akan terselenggara tanpa bantuan dari semua mitra dan stakeholder yang mendukung,” pungkas Reno.

Keluar sebagai penerima Photo of The Year adalah Yoma Times Suryadi, pewarta foto koran Suara Merdeka. Yoma memotret Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang sedang berdiri di bawah foto Joko Widodo dengan nuansa kegelapan. Foto tersebut dijepret Yoma saat mati lampu di DPRD Solo beberapa saat setelah pengumuman Gibran menjadi Cawapres.

Sedangkan untuk kategori PFI Kota Award, penghargaan ini diraih oleh PFI Solo (Best Management Award) dan PFI Bandung (Best Performance Award). PFI Kota Award merupakan penghargaan untuk pengurus PFI Kota yang dinilai memiliki kontribusi dan prestasi yang baik dalam satu tahun terakhir.

Ketua PFI Bandung, Raisan Alfarisi berharap ajang APFI 2024 ini dapat memberikan pengetahuan dan oase baru bagi dunia foto jurnalistik tanah air.

“Mewakili PFI Bandung saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan PFI Nasional yang sudah memilih Bandung sebagai tuan rumah APFI, selamat datang di Bandung,” ujarnya.

Diantara para pemenang yang hadir di Bandung Creative Hub, turut hadir pula orang tua dari salah satu pemenang, Fakhri Fadlurrohman (Harian Kompas) yang terharu anaknya bisa mendapatkan penghargaan tertinggi foto jurnalistik tanah air.

“Alhamdulillah ini karunia dari Allah, sekarang saya yakin anak saya kerja jadi wartawan foto,” ucap Iman Rahman didampingi Lilis Sopiawati, Ayah dan Ibunda Fakhri.

Foto-foto penerima Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) dapat dinikmati di Bandung Creative Hub dari 3 hingga 8 Mei 2024. Ada juga diskusi fotografi mengenai kisah dibalik foto para penerima Anugerah bersama dewan juri dan penerima anugerah, serta diskusi sinergi antara fotografi dan printing.

Penerima Anugerah Pewarta Foto Indonesia (APFI) 2024 – Bandung

Photo of The Year APFI &
Foto Tunggal Terbaik Kategori People In The News
Yoma Times Suryadi – Suara Merdeka Judul foto: Gibran Rakabuming Raka

Foto Esai Terbaik Kategori People in The News
Chaideer Mahyuddin – AFP Judul foto: Nestapa Rohingnya

Foto Tunggal Terbaik Kategori LPS – General News
Rony Ariyanto Nugroho – KOMPAS Judul foto: Aksi Kamisan

Foto Esai Terbaik Kategori LPS – General News
Abriansyah Liberto – Tribun Sumsel
Judul foto: Intan Trisakti Sejarah Yang Hilag

Foto Tunggal Terbaik Kategori BTN – Sports
Briyanbodo Hendra – Media Indonesia Judul foto: Terpental dari Kuda

Foto Esai Terbaik Kategori BTN – Sport
Fakhri Fadlurrohman – KOMPAS
Judul foto: Memanjat & Mengejar Mimpi

Foto Tunggal Terbaik Kategori Art, Culture, & Entertainment
Tidak Ada Pemenang
*Keputusan Dewan Juri

Foto Esai Terbaik Kategori Art, Culture & Entertainment
Rivan Awal Lingga – Antara Foto Judul foto: Akulturasi Budaya Cio Tao

Foto Tunggal Terbaik Kategori Environment & Nature
Bayu Eka Novanta – Freelance Judul foto: Ancaman Plastik

Foto Esai Terbaik Kategori Environment & Nature
Ulet Ifansasti – Freelance
Judul foto: Environmental Consuquences of EV’s

Foto Tunggal Terbaik Kategori Spot News
Mushaful Imam – INews Palembang Judul foto: Keluar dari Jendela

Foto Esai Terbaik Kategori Spot News
Tidak Ada Pemenang
*Keputusan Dewan Juri

Foto Tunggal Terbaik Kategori Citizen Journalist
Agus Kurniawan Judul foto: Terpental

Penerima PFI Kota Award Anugerah Pewarta Foto Indonesia 2024

Best Performance Award PFI Bandung
Ketua: Raisan Alfarisi Sekretaris: Abdan Syakura

Best Management Award PFI Solo
Ketua: Yoma Times Suryadi Sekretaris: Maulana Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *