WARTABANGKA.ID, PANGKALPINANG – Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang memberikan pelatihan pemasaran digital kepada 40 peserta pelaku wisata.
Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Pangkalpinang, Elyta kepada wartabangka.id, Kamis (8/8) menyebutkan, pada era digital saat ini, pelatihan pemasaran digital penting diberikan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan pelaku pariwisata dalam mempromosikan pariwisata daerah
Selain itu, dengan adanya pelatihan pemasaran digital menciptakan sumber daya manusia (SDM) pariwisata yang mampu berkolaborasi bersama mempromosikan pariwisata melalui media digital.
“Sasarannya, peserta mengetahui dan memahami pengetahuan dasar kepariwisataan serta pemasaran digital. Memahami tahapan pengembangan pemasaran dan pentingnya fotografi dan bahasa yang efektif dalam pemasaran digital,” ujarnya.
Ia pun menambahkan, pada pelatihan hari ketiga, peserta melakukan praktek di Kampung Ekowisata Sejagat.
“Pada hari ketiga ini mereka praktek langsung, melihat apa yang kurang dan mencari solusi. Dan kekurangan ini dijadikan kelebihan terutama melalui medsos. Yang pasti, Kampung Ekowisata Sejagat berada di Kawasan Pengembangan Pariwisata Kota (KPPK) yaitu rencana induk dalam pengembangan pariwisata. Sehingga, tugas Dinas Pariwisata Kota untuk melakukan rencana terkait pengembangan tersebut. Dan Kampung Sejagat juga sudah punya SK nya dan termasuk 500 desa wisata se-Indonesia,” tukasnya.
Sementara itu, Pj Wali Kota Pangkalpinang, Budi Utama yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, mendukung kegiatan yang dilakukan guna mempromosikan pariwisata melalui media digital.
“Kami sangat mendukung untuk bersama-sama mempromosikan pariwisata di daerah kita,” tukasnya. (*/uda)