Pemilu 2024, Bawaslu Babel: Informasi dan Kerja Sama KPU Babel Belum Terbuka

WARTABANGKA.ID, PANGKALPINANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menilai, pada Pemilu Serentak Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Babel, kinerjanya belum terbuka.

Baik itu akses informasi yang disampaikan kepada Bawaslu Babel, stakeholder (pihak yang berkepentingan) maupun masyarakat luas.

Hal itu disampaikan Ketua Bawaslu Babel, EM Osykar kepada sejumlah awak media, usai menghadiri rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih Anggota DPRD Provinsi Babel dalam Pemilu Tahun 2024, di Swiss-Belhotel, Selasa (28/5) malam.

“Menjadi catatan kami terkait pelaksanaan pemilihan serentak, berkaca dari tahapan -tahapan kemarin, kami harap teman-teman KPU lebih terbukalah. Karena ini kan kerja sama, kerja bersama-sama terkait pesta demokrasi. Apalagi, nanti akan ada pemilihan serentak tingkat lokal, kami harapkan mereka lebih terbuka. Baik itu akses informasi maupun kerja sama terkait pola koordinasi komunikasi dengan kami sesama penyelenggara. (Kejadian ini-red) Jangan sampai turun lagi di pemilihan (Pilkada) serentak,” ujar Osykar.

Baca juga: Berikut Raihan Suara Tertinggi 45 Caleg DPRD Babel

Kendati perolehan kursi partai politik maupun calon terpilih yang telah ditetapkan KPU Babel, masih menyisakan residu (sisa).

Misalnya, adanya laporan penyelenggara pemilu di Kota Pangkalpinang.

“Kami tetap mengawal dan menginformasikan ke teman-teman media juga, agar dapat sampai ke masyarakat. Memang secara tahapan ini sudah hampir akhir, namun residu pesta demokrasi masih ada, masih menyisakan PR (pekerjaan rumah), terus ada lagi aduan-aduan juga,” tuturnya.

“Itu memang harus kita selesaikan dan kami harapkan ini tidak mengganggu proses tahapan dalam pemilihan serentak,” imbuhnya.

Osykar pun mengimbau, agar semua pihak khususnya peserta pemilu menerima hasilnya dengan legawa (menerima keadaan).

“Dan Alhamdulillah, tadi tidak ada sanggahan, kami rasa ya tinggal menunggu pelantikan sumpah janji jabatan anggota dewan terpilih. Dan Alhamdulillah berkat bantuan teman-teman media, hasil dari pesta demokrasi kita yang hampir 20 bulan ini berjalan dengan baik dan sudah bisa disampaikan ke masyarakat, khususnya untuk mengetahui dewan provinsi yang terpilih pada malam ini, yang sudah ditetapkan KPU,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Babel, Husin menyampaikan, KPU Babel secara resmi telah menetapkan perolehan kursi parpol dan calon dewan terpilih.

“Ini terkait perolehan 45 kursi, yang dibagi di dalam 6 daerah pemilihan (dapil). Jadi hari ini kita sudah menetapkan beberapa partai yang memperoleh kursi di setiap daerah pemilihan, kemudian kita tetapkan juga siapa caleg terpilih di setiap daerah pemilihan di masing-masing partai politik, seperti itu,” pungkasnya. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *