Festival Basel Bekecak Bawa Berkah Bagi Para Penggiat UMKM

WARTABANGKA.ID, TOBOALI – Festival Bangka Selatan Bekecak (Behame Kite Pacak) membawa keberkahan bagi para penggiat usaha yang berjualan di sekitar stand UMKM yang telah disiapkan.

Bahkan, di hari pertama even tersebut dibuka dari ratusan pelaku usaha yang menempati stand tersebut. Omset penjualan mereka kurang lebih mencapai belasan juta.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Bupati Basel Riza Herdavid saat mengunjungi stand para penggiat UMKM usai membuka kegiatan Festival Basel Bekecak, Senin (15/4) malam.

“Tadi, saya cek serta komunikasi dengan para pedagang bersama unsur forkopimda ada satu warung yang dagangannya sudah habis terjual dan omset penjualan tembus mencapai 13 juta,” katanya.

Menurut Riza, ini merupakan salah satu bentuk keseriusan Pemda dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Basel di tengah perekonomian Bangka Belitung yang kurang stabil.

“Jadi, bagaimana peran pemerintah daerah betul-betul harus hadir ditengah kesulitan masyarakat. Sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah menyikapi itu di buktikan lewat pelaku UMKM. Sehingga, perputaran ekonomi masyarakat terus berjalan meskipun saat ini ekonomi masyarakat Basel menurun akibat kejadian timah kemarin,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata dia, dengan perekonomian yang melemah pasca kejadian timah. Hal yang telah disiapkan oleh Pemda sambil menunggu keputusan dari pusat selesai, sehingga pemda harus berputar otak dengan menciptakan agenda-agenda yang pro rakyat seperti festival ini agar ekonomi masyarakat terus berjalan.

Dirinya meyakini program yang telah dicanangkan pemerintah daerah sejak beberapa tahun terakhir dapat membantu meningkatkan perekonomian dan mengantisipasi kesulitan masyarakat Bangka Selatan.

“Saya yakin program pro rakyat seperti festival Basel bekecak sangat dibutuhkan masyarakat. Maka dari itu saya selalu tekankan agar dinas menciptakan program yang pro rakyat,” pungkasnya. (Ang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *