Pemkab Basel Gelar Gerakan Pangan Murah Jelang Lebaran, 11 Ton Beras Ludes Terjual

WARTABANGKA.ID TOBOALI -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) bekerjasama dengan Bulog Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM), Rabu (3/4).

GPM jelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah yang digelar di Pantai laut Nek Aji Toboali dan difasilitasi Dinas Pertanian, Pangan, Perikanan (DPPP) Basel ini menyiapkan sebanyak 11 ton beras khusus untuk masyarakat di 3 kelurahan yang ada di Kecamatan Toboali.

Tak butuh waktu lama beras yang dibawa satu mobil truk itu langsung ludes terjual dibeli oleh masyarakat yang didominasi dari kaum emak-emak.

Plt Kepala DPPP Basel Risvandika mengatakan GPM ini kembali digelar guna mengatasi gejolak harga dalam hal ini terkait beras dalam menyambut Hari Raya Idulfitri 1445 hijriah.

“Kita telah menyiapkan 10 ton beras medium dan 1 ton beras premium dengan kemasan 5 kilogram. Kemudian, ditambah dengan bumbu-bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, cabai, wortel dan kebutuhan primer lainnya,” kata Risvandika.

Ia mengatakan, adapun dalam pendistribusiannya juga DPPP Basel meminta pihak perangkat di 3 kelurahan yang ada di Toboali untuk membagikan sekitar 1000 kupon kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan beras tersebut.

“Untuk beras ini kita jual di bawah harga pasar beras medium berat 5 kilogram dijual dengan harga Rp 53 ribu. Masing-masing warga yang mendapatkan kupon belanja ini mendapat 2 karung atau 10 kilogram,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat membantu masyarakat di 3 kelurahan yang ada di wilayah Toboali dalam memenuhi kebutuhan lebaran.

“Kegiatan seperti ini juga memang sudah menjadi kewajiban Pemerintah Daerah dei momentum-momentum saat perayaan hari besar keagamaan seperti lebaran Idulfitri ini,” pungkasnya. (Ang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *