Antisipasi Praktik Kecurangan, Polres Basel Cek SPBU di Wilayah Toboali

WARTABANGKA.ID, TOBOALI – Polres Bangka Selatan (Basel) melaksanakan pengecekan sejumlah SPBU yang ada di wilayah Kecamatan Toboali, Sabtu (30/3).

Sejumlah SPBU yang dilakukan pengecekan diantaranya adalah SPBU nomor 24.331.99, SPBU nomor 24.331.71, SPBU nomor 24.331.130, SPBU nomor 24.331.134 dan SPBU nomor 24.331.154.

Kapolres Basel AKBP Trihanto Nugroho mengatakan, pengecekan sejumlah SPBU di wilayah Toboali ini dilakukan dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di bulan Ramadhan dan menjelang mudik lebaran.

“Pengecekan di beberapa SPBU ini dilaksanakan oleh unit Pidsus Sat Reskrim Polres Bangka Selatan dan hasilnya tidak ditemukan praktek kecurangan dalam proses penjualan BBM tersebut,” kata AKBP Trihanto, Minggu (31/3).

Ia mengatakan, dalam pengecekkan tersebut mesin pompa nozel berjalan sesuai SOP atau ketentuan dari Pertamina dan tangki tanam dalam keadaan baik.

“Tujuan dari pengecekan ini untuk memastikan tidak adanya praktek kecurangan yang dapat merugikan masyarakat seperti yang kita ketahui di berbagai media adanya praktek penjualan BBM yang dicampur dengan air di SPBU di luar Babel,” ujarnya.

Tak hanya itu, Trihanto juga mengingatkan akan para pengusaha SPBU untuk tidak melakukan kecurangan yang dapat merugikan konsumen atau masyarakat.

“Kami dari Polres Basel juga akan terus melakukan pengecekkan dan patroli seluruh SPBU guna menghindari SPBU nakal di wilayah kabupaten Bangka Selatan,” katanya.

Bahkan, dirinya menegaskan, apabila ditemukan SPBU melakukan praktek kecurangan pihaknya juga disegan untuk melakukan tindakan tegas.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat apabila mengetahui adanya praktek kecurangan agar segera dilaporkan kepada kami,” pungkasnya. (Ang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *