Jelang Idulfitri, Polres Bangka Barat Cek Stok BBM di SPBU

WARTABANGKA.ID, MENTOK – Polres Bangka Barat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah SPBU di daerah itu, Sabtu (30/3).  Salah satu SPBU yang didatangi Unit Tipidter Satreskrim Polres Bangka Barat adalah  di SPBU Kampung Jawa Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Mentok.

Sidak digelar guna mengecek stok bahan bakar minyak (BBM) dan akurasi takaran mesin pompa yang ada di SPBU.

Kasat Reskrim Polres Bangka Barat AKP Ecky Widi Prawira mengatakan, pemeriksaan bakal digelar rutin untuk melindungi masyarakat dari kecurangan, terutama ketika jelang arus mudik lebaran.

“Pada pemeriksaan anggota mengecek stok BBM. Kemudian petugas memeriksa ketepatan takaran pada masing-masing mesin pompa, serta kemungkinan BBM tercampur air. Hasilnya, semua mesin pompa SPBU berfungsi dengan takaran yang tepat,” kata Ecky.

Dari pemeriksaan tersebut, kata Ecky, pihaknya tidak menemukan kecurangan takaran maupun BBM yang tercampur air di SPBU tersebut. Selain itu, stok BBM juga masih aman.

Ecky menjelaskan pemeriksaan ini merupakan langkah awal Polres Bangka Barat untuk mengontrol semua SPBU di wilayah hukumnya. Pengecekan ini dilakukan untuk menjamin stok BBM aman, serta melindungi masyarakat dari kecurangan takaran, bahan bakar yang tercampur air, maupun pemalsuan BBM. Terlebih lagi, selama arus mudik lebaran yang akan berlangsung akhir pekan depan.

“Kami tidak segan-segan memberikan sanksi tegas, seperti penyegelan, pidana, hingga denda bagi SPBU yang ditemukan mencurangi meteran,” tegasnya.

Ecky menambahkan pihaknya juga melakukan patroli dialogis terhadap semua SPBU di wilayah hukum Polres Babar.

“Patroli dialogis untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di SPBU, seperti penimbunan BBM atau antrean panjang yang berpotensi menimbulkan keributan,” tukasnya. ( IBB )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *