Disnakertrans Basel Ingatkan Perusahaan Bayar THR Pekerja H-7 Lebaran

WARTABANGKA.ID, TOBOALI – Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mengingatkan seluruh perusahaan yang ada di daerah itu, untuk tetap menjalankan kewajibannya dengan memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada pekerjanya paling lambat H-7 lebaran.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Basel, Nazarudin mengatakan, sesuai dengan aturan yang berlaku, pihak perusahaan wajib membayar tunjangan hari raya (THR) keagamaan kepada para pekerja.

Menurut dia, kewajiban membayar THR kepada para pekerja itu sudah tertuang di dalam surat edaran Menaker Republik Indonesia Nomor M/2/HK.04/III/2024 tentang pelaksanaan pemberian tunjangan hari raya keagamaan.

“Kami dari Dinas menghimbau bagi seluruh pihak perusahaan yang bekerja di wilayah Bangka Selatan agar menaati aturan mengenai THR keagamaan tersebut, dan kami juga bakal menyurati pihak perusahaan terkait pelaksanaan pemberian tunjangan hari raya,” kata Nazaruddin, Jumat (29/3).

Ia mengatakan, saat ini pihaknya juga telah membuka posko pelayanan pengaduan terkait dengan THR ini.

“Posko ini kami buka di OPD kita di saat jam kerja, tujuan posko ini dibuka untuk melayani para pekerja yang tidak dipenuhi kewajibannya terkait masalah THR ini,” ujarnya.

Kendati demikian, kata dia, ada kategori pembayaran THR bagi pekerja, seperti yang telah mempunyai masa kerja diatas 12 bulan ke atas atau masa kerja selama 1 tahun maka akan diberikan THR sebesar 1 bulan upah.

Sedangkan untuk pekerja yang masa kerjanya di bawah atau kurang dari 12 bulan. Sifatnya proporsional sesuai perhitungan masa kerja dibagi 12 bulan dikali 1 bulan upah.

“Jika perusahaan tidak memenuhi hak pekerja. Akan ada sanksi paling berat yakni sanksi administrasi hingga pencabutan izin kalau seandainya perusahaan yang dianggap mampu apabila tidak membayar kewajiban para pekerja,” katanya.

Namun, Nazaruddin mengatakan, apabila perusahaan sebelumnya telah memiliki kesepakatan perjanjian kerja bersama (PKB) antara perusahaan dengan pekerja. THR yang dibayarkan kepada pekerja tersebut sesuai dengan perjanjian yang berlaku di perusahaan tersebut.

“Sah-Sah saja THR dibayar cicil asalkan ada perjanjian. Alangkah baiknya kalau mereka sudah bekerja di atas 12 bulan, dibayarkan sesuai ketentuan atau 1 bulan upah,” tuturnya. (Ang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *