Dukung Pelaksanaan Pemilu 2024 di Babel, PLN Bersama Forkopimda Pastikan Kesiapan Pasokan Listrik

WARTABANGKA.ID, MERAWANG  – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung (Babel) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) memastikan kesiapan kelistrikan untuk mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 dengan mengunjungi langsung Bangka Belitung Control Center (BCC) yang merupakan unit yang mengatur beban PLN UIW Babel di Komplek Pembangkitan Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Dalam kunjungan tersebut General Manager (GM) PLN UIW Babel, Mohammad Munief Budiman, menyampaikan bahwa saat ini kondisi kelistrikan di Pulau Bangka dan Pulau Belitung dalam menghadapi Pemilu 2024 ini dalam kondisi cukup dan aman.

“Untuk mendukung Pemilu 2024 PLN UIW Babel kecukupan daya mampu di sistem Bangka sebesar 248,15 Mega Watt (MW), dengan cadangan daya sebesar 26,29 MW, sedangkan di Belitung daya mampu sistem Belitung saat ini 81,71 MW dengan cadangan daya sebesar 21,68 MW,”  kata Munief

Ia juga menyebutkan bahwa masa Siaga PLN untuk menjaga pasokan listrik pemilu ini yakni mulai dari tanggal 11 Februari 2024 sampai dengan 17 Februari 2024.

“Dalam siaga kelistrikan pemilu 2024 ini PLN menyiagakan 773 personil, peralatan pendukung 70 unit, kendaraan pendukung 54 unit, 2 Unit UKB, Personil Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), 57 lokasi posko siaga dan 3 lokasi SPKLU. Kami juga memastikan bahwa seluruh daerah atau kabupaten sudah disupply kelistrikannya melalui sistem interkoneksi,”katanya.

“Pulau Bangka ini sudah interkoneksi Sumatera, kemudian Belitung juga sudah dalam kondisi pembangkit yang memadai dan cukup. Selain itu tanggal 14 nanti semua pegawai PLN siap siaga. PLN siap mendukung kesiapan siaga kelistrikan pemilu 2024 ini,” tambah Munief.

Hadir dalam kunjungan tersebut Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kepulauan Babel, Dr. Safrizal Zakaria Ali, M.Si. Dia menyampaikan apresiasinya kepada PLN UIW Babel yang sudah menyiagakan petugas dan memastikan bahwa kelistrikan untuk pemilu 2024 ini cukup dan aman.

“Hari ini kami berkunjung ke Komplek Pembangkitan Air Anyir PLN UIW Babel yang merupakan simpul utama dari sistem distribusi listrik di Pulau Bangka. Kami datang dalam rangka memastikan bahwa suplai listrik ke Pulau Bangka ini terjamin dan tidak ada gangguan apapun, sehingga pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 dapat berjalan dengan lancar,” kata Safrizal.

Ia memastikan, selama kondisinya normal dan tidak ada bencana alam di Bangka dan Belitung, maka suplai listrik kita aman. Untuk antisipasi daerah pelosok yang tidak terjangkau oleh transmisi dari PLN, seperti pulau-pulau kecil, maka menggunakan genset setempat.

“Sementara untuk di pulau yang agak besar seperti Pulau Lepar itu sudah tersambung jaringan bawa laut dari Pulau Bangka sehingga daya listrik aman. Jadi untuk pulau yang kecil-kecil yang tidak tersambung transmisi, maka menggunakan genset. Jadi begitulah situasi kelistrikan Bangka Belitung yang terdiri dari 570 pulau ini,” katanya.

Sementara Kapolda Kepulauan Babel, Irjen Pol Tornagogo Sihombing mengatakan berdasarkan hasil kunjungan, PLN memastikan bahwa distribusi ataupun suplai listrik betul-betul dapat berlangsung dengan baik, terutama dalam menghadapi Pemilu 14 Februari ini, termasuk pasca pemungutan dan penghitungan suara.

“Listrik ini sangat diperlukan sekali untuk memperlancar proses penghitungan suara sehingga mendapatkan hasil yang baik. Petugas-petugas pemilu ini kan menghitung dengan cara digitalisasi, kalau pasokan listriknya terhenti maka dapat menghambat kelancaran pelaksanaan pemilu,” katanya.

Ia berharap dengan beberapa skenario yang telah dilakukan oleh jajaran PLN dan presentasi dari GM PLN, maka bisa dipastikan suplai listrik aman selama pelaksanaan Pemilu 2024. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *