Di Desa Lintang, Beliadi Sebarluaskan Perda Kepariwisataan

WARTABANGKA.ID, SIMPANG RENGGIANG – Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Beliadi melakukan Penyebarluasan Peraturan Daerah Provinsi kepulauan Bangka Belitung Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Kepariwisataan, di Desa Lintang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Belitung Timur, Sabtu (9/12).

“Kenapa hari ini aku pilih Perda tentang kepariwisataan, karena Belitung Timur dan Belitung sudah berbicara tentang pariwisata sejak Tahun 2014”, ujar Politisi Partai Gerindra DPRD Babel itu.

Ia mengungkapkan, Desa Lintang merupakan salah satu desa yang secara mandiri memulai pariwisata seperti  kawasan rawa purba yang dinamakan Tebat Rasau.

Seperti diketahui, Tebat Rasau merupakan salah satu dari 17 situs warisan dunia di Belitong Geopark yang diakui UNESCO Global Geopark.

“Itulah kenapa aku memilih Desa Lintang ini untuk melakukan penyebarluasan Perda tentang kepariwisataan ini,” imbuh Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Beltim itu.

Ditambahkannya, penyebarluasan Perda tentang kepariwisataan tersebut sangat penting diketahui dan dipahami oleh masyarakat.

Pasalnya, di dalam Perda kepariwisataan tersebut banyak memuat tentang hak-hak masyarakat sebagai pelaku pariwisata.

Karena, pariwisata merupakan salah satu potensi dalam melestarikan alam, budaya, dan kearifan lokal guna menciptakan kesejahteraan, kemakmuran dan keadilan bagi masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Karena didalam Perda ini banyak memuat hak-hak masyarakat pelaku pariwisata dan Pokdarwis yang selama ini belum tersampaikan ke masyarakat,” ungkapnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Pasal 8, poin pertama bahwa setiap orang berhak, memperoleh kesempatan memenuhi kebutuhan wisata, melakukan usaha pariwisata, menjadi pekerja pariwisata dan berperan dalam proses pembangunan kepariwisataan.

Lalu kedua, setiap orang dan/atau masyarakat di dalam dan di sekitar destinasi pariwisata mempunyai hak prioritas seperti menjadi pekerja, konsinyasi dan/atau pengelolaan.

“Alhamdulillah hari ini kita bertemu saudara-saudara. Mudah-mudahan pertemuan ini menambah rasa saling dekat sehingga timbul rasa cinta, rasa sayang dan saling peduli. Jika ada hal-hal yang berkaitan dengan masyarakat kedepan saling berkolaborasi untuk menyelesaikan,” tuturnya.

Saat melaksanakan Penyebarluasan Perda, Wakil Ketua DPRD Babel Beliadi didampingi oleh Kades Lintang Mahmuda, Wakil ketua DPRD Beltim Suladi, Narasumber Anugerah Agung, Perwakilan Camat Renggiang dan dihadiri Kepala dusun, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan puluhan masyarakat Desa Lintang. (*/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *