Marsidi Ingatkan Peran Orang Tua dalam Melindungi Anak

WARTABANGKA.ID, TOBOALI – Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Marsidi Satar mengingatkan kepada para orang tua agar selalu dapat mengontrol emosi yang dapat menimbulkan perlakuan kekerasan terhadap anak.

Hal itu disampaikan Marsidi saat kegiatan Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, di Hotel A3 Toboali, Sabtu (2/12).

“Saya ingatkan kepada orangtua yang hadir disini untuk selalu sabar dalam menghadapi perlakuan anak, Jangan sampai karena emosi sesaat kita melakukan kekerasan pada anak dan membuat kita berhadapan dengan hukum,” tegasnya.

Dijelaskannya bahwa di dalam Perda Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak mengatur tentang sanksi hukum bagi para pelaku kekerasan pada anak.

Karena perlindungan terhadap anak merupakan tanggung jawab orangtua, keluarga, masyarakat dan negara.

Untuk itu perlu dilakukan upaya perlindungan dalam mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya serta adanya perlakuan tanpa diskriminasi.

“Untuk itulah pemerintah hadir, salah satunya bentuk perlindungan negara dengan adanya peraturan yang saat ini telah ada,” ungkapnya.

Dengan adanya peraturan-peraturan tentang perlindungan anak, maka anak berhak mendapatkan perlindungan baik fisik maupun mental.

Terlebih lagi banyaknya ancaman bagi anak yang terus mengintai kehidupannya di masa sekarang ini sehingga membuat peran orang tua dalam melindungi anak menjadi semakin berat.

Beberapa contoh kasus perilaku kekerasan pada anak seperti pembunuhan, pelecehan seksual, pencabulan dan pemerkosaan terhadap anak, bahkan terkadang sekolah pun menjadi tempat anak menuntut ilmu juga sering terjadinya kasus perundungan, kekerasan dan pencabulan.

Untuk itu, Ketua Komisi IV DPRD Babel ini berpesan kepada setiap orang tua, agar dalam memenuhi hak-hak anak, orang tua menjadi garda utama, karena orang tua berada di lingkungan terdekat anak.
Terlebih lagi di era kemajuan teknologi dan informasi yang begitu cepat orang tua berperan dalam menjaga dan membimbing anak dalam penggunaan Gadget.

“Jagalah dan bimbing anak dengan sepenuh hati, karena anak adalah penyambung hidup kita, dan penerus generasi kita,” harapnya. (*/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *