Paripurna Pengambilan Keputusan Raperda APBD dan Propemperda Tahun 2024, Wabup Debby: Sudah Disepakati Bersama

WARTABANGKA.ID, TOBOALI – Wakil Bupati (Wabup) Bangka Selatan (Basel) Debby Vita Dewi menghadiri rapat paripurna yang digelar DPRD Kabupaten Basel dalam rangka pengambilan keputusan raperda tentang APBD tahun Anggaran 2024 dan program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2024.

Rapat pengambilan keputusan yang dilaksanakan di gedung Paripurna Junjung Besaoh DPRD Basel, Rabu (29/11) itu, dipimpin langsung oleh ketua DPRD Basel Erwin Asmadi.

Wabup Debby mengatakan, bahwa dengan tetap berpedoman pada prinsip pembentukan peraturan perundang-undangan yaitu prinsip yuridis, prinsip sosiologis, dan prinsip filosofis, maka eksekutif dan legislatif sepakat menyusun dan merumuskan Propemperda Basel tahun 2024 sebanyak 14 judul. Kemudian, akan ditetapkan dalam keputusan DPRD Basel tentang Propemperda Basel tahun 2024.

“Dengan adanya penetapan Propemperda tahun 2024, maka Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bangka Selatan dapat melaksanakan program pembentukan peraturan daerah sesuai dengan skala prioritas yang telah ditetapkan,” katanya.

Kemudian, struktur rancangan APBD Kabupaten Basel tahun anggaran 2024 yang telah disepakati bersama dan dengan memperhatikan kapasitas fiskal serta intervensi program prioritas untuk menjawab indikator pembangunan yang dihadapi dan diwujudkan.

“Tahun Anggaran 2024 yang telah kita sepakati bersama dan dengan memperhatikan kapasitas fiskal serta intervensi program prioritas untuk menjawab indikator pembangunan yang kita hadapi dan harus kita wujudkan, maka struktur rancangan APBD tahun anggaran 2024, maka proyeksi untuk pendapatan tahun 2024 adalah sebesar Rp. 927.778.187.884,- dan belanja diproyeksikan sebesar Rp. 1.013.335.903.957,- ,” katanya.

Ia mengatakan, bahwa struktur APBD yang dirinya sampaikan, tentunya sama persis dengan apa yang telah disampaikan pada penyampaian RAPBD sebelumnya.

“Hal tersebut menunjukkan konsistensi kesepahaman dengan tujuan bersama untuk menghadirkan rumusan program beserta anggaran yang tentunya bisa menjawab tantangan dan target pembangunan yang harus kita hadapi dan harus kita wujudkan,” katanya.

Lebih lanjut, kata Debby, melalui tema pembangunan “Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dasar, Peningkatan Perekonomian Daerah dan Kualitas Infrastruktur Berkelanjutan Secara Inovatif, Kreatif Dan Kolaboratif” Pemkab Basel optimis untuk mencapai target capaian indikator pembangunan.

“Indikator tersebut diantaranya, laju pertumbuhan ekonomi diharapkan tercapai diangka 3,75 persen, angka kemiskinan turun diangka 3,20 persen, Pengangguran Terbuka turun diangka 4,0 persen, Inflasi bisa terkendali dibawah angka 3,0 persen, Indeks Gini bisa dipertahankan diangka 0,22 persen dan indeks Pembangunan Manusia naik diangka 69,0 persen,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Basel Erwin Asmadi mengatakan pembahasan rapat paripurna asa 15 judul rancangan peraturan daerah yang akan di bahan pada Tahun 2024 mendatang.

“Dalam rapat paripurna hari ini kita sudah mengesahkan RAPBD 2024 menjadi APBD 2024. Dan Limit waktu pengesahan RAPBD tersebut mempunyai batas akhir bulan ini. Dan Alhamdulilah, kita tidak terlambat sudah kita lakukan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” pungkasnya. (Ang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *