Bawaslu Babel Perketat Pengawasan Logistik Pemilu 2024

WARTABANGKA.ID, PANGKALPINANG– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat publikasi pengawasan logistik mengundang Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Babel Husin, PT Pos Indinesia dan media massa di Kantor Bawaslu Babel, kamis (30/11).

Anggota Bawaslu Babel Sahirin didampingi Japri saat membuka rapat menyampaikan logistik pemilu sangatlah penting dan saat ini untuk logistik kotak suara, surat suara sudah berada di gudang KPU kabupaten/kota.

“Kami juga akan memastikan proses sortir surat suara, agar saat pendistribusian nanti tidak ada lagi surat suara yang rusak, begitu juga dengan logistik yang lain agar semua kondisi ya baik, sehingga kekurangan pada pemilu 2019 tidak terulang di Pemilu 2024 ini,”ujar Sahirin.

Sementara Ketua KPU Babel Husin mengatakan untuk proses pengadaan logistik sesuai aturan, kerjasama dalam pengadaan untuk pemilu 2024 sudah di tetapkan pusat melalui jalur E – Katalog.

“Jadi penyedia pengadaan logistik tahap pertama untuk kotak suara yaitu PT Cipta Multi Buana Perkasa (Tangerang), untuk segel Mecosuprin Grafia (Cakung Barat), untuk Tinta PT Kudo Indonesia Jaya (Jakarta utara) dan Bilik suara yaitu Adina Multi Wahana, Jadi bukan kami yang memutuskan, itu sudah dari pusat,”ujarnya.

Husin juga mengungkapkan terkait realisasi anggaran pengadaan logistik yang sudah di lakukan dengan total 1,5 M lebih dengan rincian Kotak suara sebesar Rp 917.925.600, Bilik Suara sebesar Rp 349.236.014, Tinta sebesar Rp 86.166.813,6 kemudian Segel sebesar Rp 158.432.400.

“Nah untuk KPU Provinsi pengadaan yang sudah dilaksanakan kotak suara, bilik suara, tinta dan segel, kemudian KPU Kabupaten/Kota berupa segel plastik sebagai alat pengamanan lainnya penganti gembok,”ulasnya.

Lebih lanjut Husin juga menuturkan untuk TPS pulau dalam pendistribusian tersebut KPU bekerjasama dengan PT Pos Indonesia dimana ada 13 pulau yang di distribusikan.

“TPS pulau tersebut tersebar di beberapa kabupaten. Seperti di belitung yaitu Pulau Gersik,¬† ¬†Mindanau, Sumedang dan Seliu. Di Bangka Selatan ada Pulau lepar dan Pongok, wilayah Bangka Tengah ada Pulau Nangka dan Semujur serta Buku Limau di Belitung Timur,”pungkasnya.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *