Sebarluaskan Perda Perlindungan Anak, Hellyana Ajak Warga Perhatikan Tumbuh Kembang Anak

WARTABANGKA.ID, TANJUNGPANDAN – Anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa yang mempunyai peran strategis.

Untuk itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Hellyana, berharap anak-anak harus mendapatkan perlindungan dan kehidupan yang baik.

Menurut Hellyana, penyelenggaraan perlindungan anak di daerah, bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan.

Selain itu katanya, mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi, demi terwujudnya anak Indonesia yang berkualitas, berakhlak mulia dan sejahtera.

“Selain mendapatkan perhatian dan perlindungan dari orang tua, pemerintah juga wajib memberikan perlindungan terhadap anak,” ungkap Hellyana. saat melaksanakan Penyebarluasan Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, di Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Minggu (8/10).

Dikatakannya, anak merupakan generasi penerus bangsa yang berhak mendapatkan perlindungan dari berbagai bentuk tindak kekerasan, perlakuan salah, eksploitasi maupun diskriminasi.

Menurut Srikandi PPP Babel ini, bahwa saat ini kekerasan, eksploitasi dan perlakuan yang salah terhadap anak masih sering terjadi di masyarakat, sehingga Peraturan Daerah (Perda) Babel No. 8 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, sangat penting diketahui dan dipahami oleh seluruh masyarakat.

Penyelenggaraan perlindungan Anak di Daerah berasaskan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

“Maka, Peraturan Daerah (Perda) No. 8 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak ini sangat penting diketahui dan dipahami oleh masyarakat terutama para ibu-ibu sehingga terpenuhinya Hak anak,” pungkas Plt Ketua DPW PPP Babel itu. (*/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *