Soal Polemik Pj Gubernur Suganda, DPRD Babel Surati Mendagri Tanpa Klarifikasi

WARTABANGKA.ID, PANGKALPINANG – DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diketahui telah bersurat ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait hasil audiensi dari kelompok yang pro dan kontra terhadap Pj Gubernur Suganda Pandapotan Pasaribu.

Surat itu dikirimkan tanpa melakukan klarifikasi kepada Pj Gubernur Suganda.

Dua kelompok yang pro dan kontra tersebut yakni Sekretariat Bersama (Sekber) dan Bangka Belitung (Babel) Peduli.

Babel Peduli saat audiensi dengan DPRD meminta Mendagri mengevaluasi jabatan Pj Gubernur Suganda karena dinilai kerap menimbulkan kegaduhan.

Sedangkan, Sekber memberikan dukungannya kepada Pj Suganda dan meminta Mendagri tidak menindaklanjuti permintaan Kelompok Babel Peduli.

Ketua DPRD Babel, Herman Suhadi saat ditemui wartabangka.id, di ruang kerjanya, Jumat (8/9) mengakui dua usulan surat tersebut telah disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dia menegaskan, pihaknya menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada Kemendagri.

“Dari dua permintaan audiensi itu kan sudah kami terima. Baik dari Forum Babel Peduli maupun dari Sekretariat Bersama. Tindak lanjut dari kedua aspirasi itu, ya kami menyerahkan sepenuhnya kepada Kementerian Dalam Negeri. Dan kami yakin dan percaya, Kementerian Dalam Negeri itu akan bijaksana dalam menilai ini. Intinya, yang kami harapkan adalah bagaimana agar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini kondusif dan mari kita sama-sama dalam menyongsong pelaksanaan pesta demokrasi tahun 2024 ini dengan tenang. Dengan riang gembira dan disamping itu juga kita bisa membangun Bangka Belitung secara bersama,” ungkap Herman.

Saat disinggung soal upaya meminta penjelasan langsung kepada Pj Gubernur Suganda, Herman kembali menyampaikan menyerahkan persoalan tersebut kepada Mendagri.

“Kami menyerahkan sepenuhnya kepada Kemendagri tentang aspirasi yang disampaikan oleh dua forum ini. Kami yakin dan percaya Kemendagri akan arif dan bijaksana dalam menilai dan menelaah permasalahan ini,” katanya.

“Harapan kami, Babel akan tetap kondusif dalam menyongsong perhelatan akbar nasional yaitu Pilpres dan Pileg serta Pilkada 2024 dan pembangunan di Provinsi Bangka Belitung akan semakin maju,” pungkasnya. (*/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *