Osykar Imbau Peserta Pemilu Kedepankan Etika dan Estetika Pemasangan APS

WARTABANGKA.ID, PANGKALPINANG – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, EM Osykar mengimbau agar peserta pemilu mengedepankan etika dan estetika dalam pemasangan alat peraga sosialisasi (APS).

Osykar menyampaikan, APS yang terpasang juga menjadi kajian Bawaslu Babel, karena ada yang dipasang di fasilitas pendidikan, rumah ibadah maupun fasilitas umum.

“Kami mengimbau agar peserta pemilu, baik itu partai politik maupun perseorangan tidak memasangnya di tempat tersebut. Kalau dipasang ditempat seperti itu, secara etika dan estetikanya kurang baik,” ungkap Osykar usai menghadiri sosialisasi daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD untuk Pemilu 2024, di Cordela Hotel, Rabu (22/3).

Untuk penertibannya kata Osykar, Bawaslu Babel mengharapkan peran aktif dari pemerintah kabupaten/kota untuk penegakan peraturan daerah (perda).

“Karena itu berkaitan dengan penegakan perda, kami berharap pemerintah kabupaten/kota juga ikut proaktif dalam menjaga wilayah dan kondusivitas,” tuturnya.

Baca juga: Bawaslu Pangkalpinang Lakukan Kajian Pelanggaran APS, Peserta Pemilu Ada yang Memasang di Pohon dan Tiang Listrik

“Memang belum tahapan dan ranah itu ada di kabupaten/kota. Sekali lagi kami mengimbau, agar dipasang di tempat yang tidak dilarang dan sewajarnya. Apalagi di Bulan Ramadan seperti ini, pragmatis politik dan syahwat politik harus dikendalikan agar tidak melampaui batas. Insya Allah, semua untuk kebaikan dalam menjaga kondusivitas bersama,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *