Dukungan Terus Mengalir, PLN Percepat Pemulihan Gangguan Listrik Pulau Bangka

WARTABANGKA.ID, PANGKALPINANG – Dukungan terus mengalir dari berbagai stakeholder di Pulau Bangka terkait penanganan pemulihan gangguan Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 KV Kenten-Tanjung Api-api akibat cuaca ekstrem sejak Senin (20/3) lalu.

Pasca gangguan ini, PLN terus menggiatkan komunikasi yang intens dan sinergi dengan berbagai pimpinan daerah, instansi-instansi hingga tokoh masyarakat. Hingga saat ini, PLN terus mempercepat penanganan pada tahapan pembuatan dan pemasangan tiang emergency yang akan dilanjutkan dengan penarikan kabel SKTT.

Respon positif diberikan Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil atas peran aktif PLN untuk memberikan informasi saat terjadi gangguan hingga proses pemulihan gangguan.

“Kesigapan PLN saat terjadi gangguan langsung menghubungi kami dan memberikan penjelasan-penjelasan. Saya mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dan para stakeholder khususnya di Pangkalpinang untuk bersabar dan berdoa yang terbaik agar PLN dimudahkan dalam bekerja sehingga listrik untuk Pulau Bangka pulih seperti semula,” paparnya ketika ditemui pada Selasa (21/3).

Senada ditemui di tempat terpisah, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Asep Maryono pun mendukung sepenuhnya upaya-upaya yang ditempuh oleh PLN dalam mempercepat pemulihan pasokan listrik ke Bangka.

“Tetap semangat dan solid PLN dan timnya untuk kawal Babel Bersinar. Untuk masyarakat mohon bersabar dan tetap tenang karena PLN tengah memberikan usaha-usaha terbaiknya. PLN serius dalam meningkatkan pelayanan untuk masyarakat, jadi kita tunggu saja dan berikan informasi-informasi positif kepada masyarakat lainnya,”imbuh Asep.

Direktur Utama PT Bakti Timah Medika yang menaungi Rumah Sakit Bakti Timah dr. Otto Berhen Kawanda  mengucapkan terimakasih kepada PLN yang telah memberikan bantuan berupa genset mobile untuk membantu kelistrikan di rumah sakit.

“Saat terjadi manajemen beban kelistrikan diakibatkan gangguan transmisi milik PLN, pengaturan layanan prioritas menggunakan genset mobile dari PLN ini sangat berguna bagi rumah sakit sehingga kegiatan penting seperti proses penanganan pasien dapat berjalan. Semoga upaya pemulihan listrik di pulau bangka bisa segera teratasi. Terimakasih,” pungkasnya.

Moses Allo selaku Senior Manager Teknik PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung menyampaikan pada hari ini pihak ya mengoptimalkan pegawai PLN Babel di 4 kabupaten dan 1 kota di Pulau Bangka untuk menyiapkan genset serta lampu emergency untuk dibagikan dilokasi tempat ibadah dan fasilitas masyarakat.

“Untuk memenuhi kebutuhan daya sebagian masyarakat di Pulau Bangka yang mengalami manajemen beban, PLN mengoperasikan 30 genset mobile dan sudah membagikan lampu emergency pada 420 Masjid atau Mushola. Khusus genset mobile didistribusikan di lokasi vital seperti umah sakit, puskesmas, kantor polisi, koramil, masjid, pondok pesantren, dan fasilitas-fasilitas penting layanan masyarakat lainnya,” jelas Moses.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *