APBD Award 2023, Babel Peringkat Dua Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi

WARTABANGKA.ID, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) di bawah kepemimpinan Penjabat (Pj) Gubernur, Ridwan Djamaluddin, menerima penghargaan dalam ajang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Award 2023 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penghargaan diserahkan langsung Wakil Mendagri, John Wempi Wetipo, karena Pemprov Babel meraih peringkat kedua tertinggi se-Indonesia dalam kategori realisasi pendapatan daerah Tertinggi tahun anggaran 2022.

Diakui Ridwan Djamaluddin pencapaian ini juga berkat kinerja jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Babel.

“Alhamdulilah Babel menempati peringkat kedua kategori realisasi pendapatan daerah tertinggi tingkat provinsi. Utamanya sinergitas dalam mewujudkan target-target pendapatan yang telah ditetapkan,” kata Ridwan Djamaluddin usai menerima penghargaan APBD Award 2023 di Mercure Convention Center Ancol, Jakarta, Kamis (16/3/2023).

Dengan diraihnya penghargaan ini, RD sapaan akrabnya berharap akan menjadi pemicu bagi semuanya untuk lebih meningkatkan lagi pendapataan daerah kedepannya.

“Beberapa upaya harus ditingkatkan, agar bisa menjadi juara pertama, utamanya pendapatan dari retribusi selain dari pajak kendaraan bermotor,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Mendagri John Wempi Wetipo, menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah yang sudah mengoptimalkan penyerapan realisasi APBD tahun anggaran 2022.

“Semoga di tahun anggaran 2023 dapat semakin ditingkatkan profesionalisme dalam pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, patut, wajar, rasional, dan akuntabel,” harap John.

Sedangkan, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Babel, M Harris, menjelaskan bahwa penghargaan ini diberikan karena Babel mencapai realisasi pendapatan hingga 113 persen.

Lanjutnya pencapaian ini bukan hanya berkat kerja keras dari pihaknya saja, namun hasil kerja bersama dengan OPD lainnya, termasuk dukungan kebijakan dan program yang diberikan Pj Gubernur maupun Sekretaris Daerah (Sekda), Naziarto.

Pihaknya pun akan senantiasa menghadirkan program-program yang memudahkan masyarakat dalam membayar pajak, mulai dari Samsat Setempoh, Perjaka Beriman, Perjaka Berkah, Perjaka Berkurban, Samling dan lain sebagainya

“Intinya kami akan terus mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat mudah untuk membayar pajak,” tukas Haris. (*)

Berikut daftar daerah penerima penghargaan sesuai kategori :

1. Daftar kategori Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi Tahun Anggaran 2022 tingkat kota di antaranya Samarinda, Banjarbaru, Bontang, Mojokerto, dan Denpasar. Kemudian tingkat kabupaten, yakni Bojonegoro, Sumbawa Barat, Kutai Kartanegara, Tanah Laut, dan Tanah Laut. Sedangkan di tingkat provinsi, yakni Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Barat dan Jawa Timur.

2. Daftar kategori Realisasi Belanja Daerah Tertinggi Tahun Anggaran 2022 tingkat kota di antaranya Pekanbaru, Kotamobagu, Sukabumi, Tasikmalaya, dan Metro. Kemudian tingkat kabupaten, yakni Aceh Tamiang, Yahukimo, Nduga, Gayo Lues, dan Luwu Timur. Sedangkan tingkat provinsi, yaitu Lampung, Kepulauan Riau, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Jawa Tengah.

3. Daftar kategori Realisasi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Tertinggi Tahun 2022 tingkat kota, yakni Palangkaraya, Kendari, Pekanbaru, Tegal, dan Cirebon. Kemudian tingkat kabupaten, yakni Waropen, Intan Jaya, Puncak Jaya, Mappi, dan Minahasa. Sedangkan tingkat provinsi, yakni Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Bali, dan Kalimantan Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *