Pemprov Babel Tarik Uang Daerah dari Bank SumselBabel? Ketua DPRD Tak Mau Berasumsi Negatif

WARTABANGKA.ID, PANGKALPINANG – Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Herman Suhadi tak mau berasumsi negatif mengenai isu penarikan uang atau kas daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel dari Bank Sumsel Babel ke bank lain.

Herman berharap, penarikan uang daerah ini tidak berlandaskan sakit hati karena kurangnya perhatian Bank Sumsel Babel kepada Pemprov Babel, ataupun ada hal lain yang membuat penarikan uang kas daerah ini. Akan tetapi, berdasarkan pemikiran yang matang dan alasan yang profesional.

“Mengenai pemda menempatkan uang di bank mana pun diperbolehkan, di bank daerah atau bank pemerintah,” ujar Herman, di Ruang Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Babel, Rabu (8/3).

Ia menilai, penarikan uang daerah yang dilakukan Pemprov Babel tentu sudah berdasarkan pertimbangan dan pemikiran.

Namun demikian, ia menyayangkan Pemprov Babel tidak berkoordinasi atau berkabar ke DPRD Babel perihal penarikan ini, meskipun memang tidak harus mendapatkan persetujuan DPRD tetapi setidaknya ada komunikasi antara Pemprov dengan DPRD Babel.

“Kami tidak pernah dilaporkan secara resmi. Kami berharap adanya koordinasi dengan DPRD. Kalau dikatakan berlandaskan sakit hati kami tidak mencampuri itu ya,” tegasnya.

“Saya hanya ada melihat SE dan SE tidak itu pernah dikoordinasikan, mungkin karena mereka merasa itu kewenangan provinsi dan tidak butuh persetujuan,” tambah politisi PDIP itu.

Herman mengingatkan, secara aturan Pemprov Babel memiliki peraturan daerah (perda) tentang penyertaan modal ke Bank Sumsel Babel, meskipun terkadang tidak bisa direalisasikan karena tidak dianggarkan dalam beberapa kali penyusunan APBD mengingat keterbatasan keuangan daerah.

Terkait isu penarikan uang daerah dari Bank Sumsel Babel tersebut, hingga berita ini diturunkan redaksi masih mengupayakan untuk mendapat konfirmasi dari Kepala Bakuda Babel, Muhammad Haris. (*/ryu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *