Bawaslu Pangkalpinang Komitmen Tingkatkan Kapasitas SDM

WARTABANGKA.ID, PANGKALPINANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pangkalpinang berkomitmen terus meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) jajarannya.

Baik itu kapasitas panitia pengawas kecamatan (Panwascam) dan juga panitia pengawas (panwas) kelurahan.

“Ini sesuai dengan perintah Bawaslu RI, peningkatan kapasitas sumber daya manusia menjadi bagian dari strategi kami,” ungkap Ketua Bawaslu Pangkalpinang, Ida Kumala kepada sejumlah wartawan, di sela-sela rapat fasilitasi dan pembinaan penanganan pelanggaran, di Fox Harris Hotel, Sabtu (4/3).

Rapat fasilitasi dan pembinaan penanganan pelanggaran bagi Panwaslu Kecamatan se-Kota Pangkalpinang pada Pemilu Serentak Tahun 2024 yang digelar 3-4 Maret itu, diharapkan dapat meningkatkan pengawasan menjelang Pemilu 2024.

“Bawaslu Pangkalpinang tetap berkomitmen untuk tetap melakukan pembinaan kepada aparatur pengawas pemilu. Kedepan juga akan dilakukan peningkatan kapasitas SDM untuk aparatur pengawas pemilu, Panwaslu kecamatan dan juga Panwaslu kelurahan. Harapan dilakukan kegiatan ini, Panwaslu kecamatan dan staf semakin memahami dan juga poin-poin pengawasan mereka. Kemudian, menindaklanjuti hasil pengawasan mereka dan tetap terus berkoordinasi dengan Bawaslu Pangkalpinang,” tutur Ida.

Sementara itu, Divisi Penanganan Pelanggaran, Penyelesaian Sengketa Proses dan Hukum Bawaslu Pangkalpinang, Novrian Saputra menambahkan, selain meningkatkan pengawasan, Panwascam se-Pangkalpinang dapat melakukan kajian-kajian dari hasil pengawasan.

“Bagaimana membuat kajian sederhana dari hasil pengawasan. Jadi apapun yang dilakukan pengawas pemilu, tetap ada kajian dan dilaporkan. Kita mengharapkan agar dapat direalisasikan dan jangan ada pembiaran,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, juga mengundang narasumber dari KPU Pangkalpinang.

Yakni, Ketua KPU Pangkalpinang, Penti dan Divisi Teknis, Yusmayadi. (*/ryu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *