198 Anggota PPS di Bangka Barat Resmi Dilantik

WARTABANGKA.ID, MUNTOK – Sebanyak 198 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang berasal dari 60 desa dan 6 kelurahan di Kabupaten Bangka Barat telah resmi dilantik. Pelantikan ini dilakukan oleh Ketua KPU Bangka Barat Pardi di Gedung Graha Aparatur Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kecamatan Muntok, Selasa (24/1).

Ketua KPU Bangka Barat Pardi mengatakan akan ada banyak tugas yang akan menanti anggota PPS yang telah dilantik. Namun untuk tugas pertama, anggota PPS ini harus menyiapkan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) pada Februari 2023 nanti.

Setelah itu, anggota PPS harus merekrut pantarlih dan membantu mereka melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) untuk mendata pemilih dari rumah ke rumah atau door to door.

“Jadi di bulan Februari mereka sudah harus menyiapkan pantarlih. Nanti mereka akan merekrut pantarlih dan membantu pantarlih dalam melakukan coklit pencocokan dan penelitian door to door untuk mendata pemilih. Nah ini lah tugas pertama PPS nanti,” kata Pardi.

Pardi menjelaskan KPU juga akan melakukan evaluasi terhadap anggota PPS terkait peningkatan kinerja dan penyusunan daftar pemilih. Apalagi saat ini terjadi penambahan jumlah pemilih di Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebanyak hampir 15.000.

“Dulu itu 134.000 di Pilkada, sekarang DP4 yang kita terima dari KPU RI itu sudah 149.000, otomatis ini menjadi PR bagi kawan-kawan PPS untuk melakukan pemetaan TPS lebih awal,” jelasnya.

Untuk itu, Pardi berhadap anggota PPS ini dapat bekerja dengan baik, berintegritas serta profesional.

“Orientasi kita sebagai pelayan masyarakat dalam pemungutan suara. Itu yang paling penting yang saya sampaikan kepada PPS. Jadi orientasinya itu, jadi lah pelayan dalam masyarakat untuk memilih maupun peserta Pemilu untuk memenuhi tugas – tugas mereka,” harap Pardi.

Pardi menambahkan anggota PPS yang telah dilantik ini per Februari 2023 hingga tahapan Pemilu berakhir pada Maret 2024 akan menerima honorarium setiap bulannya.

“Nominalnya untuk ketua PPS sebesar Rp 1,5 juta dan anggota sebesar Rp 1,3juta,” tambah Pardi.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming saat sambutannya mengucapkan selamat kepada 198 anggota PPS yang telah dilantik dan diambil sumpahnya.

“Selamat bertugas dan bekerja. Apapun jabatan yang kalian emban agar dapat berbuat baik dan benar serta amanah,” ucap Bong Ming Ming.

Bong Ming Ming juga menyampaikan pesannya kepada para anggota PPS. Anggota PPS diharapkan dapat lebih ekstra mempersiapkan mental yang kuat dalam menghadapi tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Baik buruknya Kabupaten Bangka Barat berada di tangan kalian sebagai PPS. Apapun keputusan yang kalian buat semua itu butuh perjuangan kalian semua untuk menjadikan pemilihan di Kabupaten Bangka Barat ini menjadi dapat terkendali,” tutupnya. ( IBB )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *