Wali Kota Molen Dukung Pembangunan Kolam Retensi Pedindang

WARTABANGKA.ID, PANGKALPINANG – Kolam Retensi Pedindang akan di bangun sebagai konservasi air untuk meningkatkan cadangan air tanah.Wali Kota Pangkalpinang, Dr. H. Maulan Aklil (Molen) merasa bahagia karena 69 persen reduksi genangan air dapat dinikmati masyarakat Pangkalpinang.

“Ada 13 surat, Desa Terak 20 surat, mohon dapat membantu pembebasan lahan ini agar pembangunan segera dilakukan, Kami sangat mengapresiasi, tolong pak, bantu pak, inilah harapan masyarakat Kota Pangkalpinang, kalo ini selesai, ini jadi agak ringan tugas kami,”ujar Molen saat pertemuan di Kantor Kepala Desa Pedindang. Senin (23/01).

Walikota Molen juga mengatakan setiap tahun pemerintah kota mengali pasir di pasar ikan, melakukan normalisasi sungai, sehingga dipastikan jika air yang mengalir dari bangka tengah kurang baik ,air yang mengalir ke sungai di Pangkalpinang juga kurang bagus.

“Kami juga ada rencana bangun embung di selindung, kami sudah ganti rugi 17 hektare lebih, secara Amdal juga sudah siap, mohon dukungan pak gubernur, kalo nggak bisa tahun ini gak apa-apa,”ungkapnya.

Sementara Pj. Gubernur Bangka Belitung, Dr. Ridwan Djamaluddin menyampaikan bahwa Pemerintah Pusat sudah perhatian ke Bangka Belitung, dalam sebuah program pembangunan pasti ada yang dapat banyak manfaat, ada yang sedikit manfaat, dan ada yang sedikit berkorban. Menurut dia, harus ada semangat-semangat pengorbanan untuk hal-hal yang lebih besar.

“Kita cari jalan sebaik-baiknya supaya masyarakat yang selama ini mengelola juga masih mendapat manfaat seperti wisata, UMKM dan lain sebagainya,”ujarnya.

Kepala Desa Terak Haryono sangat setuju dengan pembangunan waduk tersebut, karena banyak hal positif apabila sudah terbangun, genangan air di Pangkalpinang bisa teratasi.

“Kami harap pengelolaan ini bukan hanya satu desa, tapi antar desa, saya sarankan bukan hanya atas nama Kolam Retensi Pedindang saja,”kata Haryono.

Dan perlu diketahui sumber slide BWS Bangka Belitung :

1. Resiko yang diakibatkan genangan air dapat berkurang/reduksi genangan air 69%

2. Sebagai sarana wisata air

3. Area pengembangan usaha kecil dan mikro

4. Sebagai konservasi air, mampu meningkatkan cadangan air tanah setempat

5. Volume tampungan kurang lebih 540.000 m3

6. Panjang pelimpah 15 m

7. Pintu air 2 unit (1m x 1,5m)

8. Jembatan operasional I=2m p=20m

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *