Terlibat Penyimpangan Seksual, Dua Oknum Anggota Polda Babel Dipecat

WARTABANGKA.ID, PANGKALPINANG – Dua oknum anggota Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dijatuhi sanksi Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PTDH) oleh Komisi Kode Etik Polri Polda Babel, Kamis (12/1).

Hal ini menyusul adanya dugaan pelanggaran perbuatan tercela atau kasus penyimpangan seksual yang dilakukan oleh dua oknum tersebut yakni Bripda RFO dan Bripda RA.

Melalui siaran persnya, Kabid Humas Polda Babel, Kombes Pol Maladi mengatakan bahwa kedua oknum tersebut sudah dijatuhi sanksi pada sidang KKEP.

“Dari hasil sidang pada Kamis yang lalu yang dipimpin kabid propam, kedua oknum tersebut dijatuhi sanksi PTDH karena diduga telah melakukan pelanggaran tercela,”kata Maladi, Kamis (19/1).

Berdasarkan laporan yang diterima dari Bid Propam, Maladi menerangkan bahwa oknum tersebut diduga melakukan pelanggaran Kode Etik Profesi Polri berupa telah melanggar Pasal 13 ayat (1) PP RI No. 1 tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri.

Selain itu, pelanggaran lain pada Pasal 8 huruf C Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi Polri dan Komisi Kode Etik Polri.

Ditambahkan Maladi, keduanya juga melanggar Pasal 13 huruf d Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 tentang Kode Etik Profesi Polri dan Komisi Kode Etik Polri.

“Intinya, pasal-pasal tersebut berbunyi setiap pejabat Polri dalam etika kepribadian wajib mentaati dan menghormati norma hukum, norma agama, norma kesusilaan serta dalam etika kepribadian dilarang melakukan perilaku penyimpangan seksual dan disorientasi seksual,”jelas Maladi.

Menanggapi hal tersebut juga, Maladi mengimbau agar personel Polda Babel tidak melakukan pelanggaran apapun yang dapat mencoreng citra kepolisian.

Maladi juga menyebutkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk meminimalisir setiap anggota Polri khususnya di Polda Babel agar tidak melakukan pelanggaran.

“Kita minta anggota dapat meminimalisir dan bahkan jangan sampai melakukan pelanggaran, baik pelanggaran apapun,”kata Maladi.

“Kita juga telah melakukan berbagai upaya, salah satunya dengan membentuk karakter keimanan setiap anggota melalui kegiatan Binrohtal yang rutin dilakukan setiap minggunya,”tambah Maladi.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *