DPC APDESI Dorong Seluruh Desa di Bangka Tengah Menuju Desa Mandiri 

WARTABANGKA.ID, NAMANG– Pengurus DPC Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bangka Tengah menghadiri acara persiapan desa wisata muruk jeramik di Desa Namang, Kecamatan Namang, Kamis (1/12).

Hadir pada acara yang dilaksanakan di saung persawahan Desa Namang ini Ketua APDESI Bangka Tengah, Haryono dan Sekretaris, Hasanudin yang memberikan motivasi dan arahan kepada Pemerintah Desa Namang dan desa-desa di Bangka Tengah dalam rangka persiapan menuju desa mandiri.

Dalam sambutannya, Haryono menyampaikan bahwa seluruh desa se- Bangka Tengah harus mempersiapkan diri menjadi desa mandiri baik itu dari sisi pendapatan asli desa maupun sektor sektor lain sebagaimana program pemerintah termasuk kemandirian pangan dan ekonomi masyarakatnya.

“Jelas dalam undang undang desa kita diberikan keleluasaan untuk menggunakan anggaran. Agar ide, inovasi dan kolaborasi desa lebih cepat maju jadi mumpung masih ada dana desa segera persiapkan itu semua agar seluruh desa dapat menggali dan memanfaatan seluruh potensi desa yang ada menjadi sumber pendapatan desa yang berkelanjutan,” kata Haryono.

Dia mengatakan, pihaknya siap membuka ruang untuk membangun jaringan dukungan semua pihak terkhusus Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Haryono meyakini bersama bupati, pemdes dapat berkolaborasi dan dengan kerja keras, doa dan ikhtiar bersama kemandirian desa akan terwujud.

Sementara, Kepala Desa Namang, Zaiwan pada acara itu menyampaikan paparan sentralisasi pariwisata paduan persawahan dan hutan pelawan. Dia menyebutkan hal itu dapat segera terwujud dan Bangka Tengah mempunyai banyak tujuan wisata yang terintegrasi.

Turut hadir pada acara itu Camat Namang, Kabid Perekonomian Bapelitbangda, Kabid Pariwisata, Kabid Dinsos PMD Bangka Tengah, perwakilan PLN UIW Bangka Belitung, Bank Sumsel Babel, Pokdarwis dan masyarakat Desa Namang.(rell)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *