KPU Pangkalpinang Buka Rekrutmen PPK Mulai 20 November

WARTABANGKA.ID, PANGKALPINANG – KPU Kota Pangkalpinang mulai melakukan perekrutan badan Ad Hoc ditingkat kecamatan mulai 20 November hingga 16 Desember 2022.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Kota Pangkalpinang, Ruslan dalam rilisnya kepada wartawan, Minggu (20/11) menyampaikan, rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan direkrut sebanyak 35 orang.

Adapun jumlah ini mengacu kepada jumlah kecamatan yang ada di Kota Pangkalpinang, yaitu tujuh kecamatan.

Tidak terdapat lagi batasan bahwa calon anggota PPK yang pernah menjabat posisi tersebut selama dua periode (periodesasi) tidak boleh lagi ikut mendaftar menjadi PPK, sebagaimana hal ini pernah diterapkan pada pemilu 2019 yang lalu.

Ada beberapa persyaratan untuk bisa menjadi Anggota PPK pada pemilu serentak 2014 sesuai dengan Pasal 35 Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggara Pemilu dan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati, dan Walikota dan wakil Walikota. Yakni:

1. warga negara Indonesia;
2. berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun;
3. setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945;
4. mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil;
5. tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, atau sekurang-kurangnya dalam waktu 5 (lima) tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan;
6. berdomisili dalam wilayah kerja PPK;
7. mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika;
8. berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas atau sederajat; dan
9. tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

Selain persyaratan di atas, para pelamar juga harus melampirkan beberapa dokumen kelengkapan pendaftaran.

Seperti, surat pendaftaran, salinan KTP-el, ijazah terakhir, surat pernyataan, surat keterangan sehat, daftar riwayat hidup, Pas Foto 4×6, surat keterangan tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama penyelenggara pemilu, surat keterangan dari partai politik bahwa yang bersangkutan bukan atau tidak lagi menjadi anggota parpol paling singkat 5 (lima) tahun.

Untuk dapat menjadi anggota PPK pada Pemilu 2024, pelamar dapat mendaftarkan diri melalui laman website www.siakba.kpu.go.id, untuk melakukan login dan membuat akun SIAKBA.

Masyarakat juga bisa mendaftar diri langsung yang akan dibantu oleh petugas Helpdesk KPU Kota Pangkalpinang.

Pendaftaran PPK yang datang ke helpdesk akan diarahkan melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA), dimana pendaftar yang sudah membawa berkas pendaftaran nantinya bisa dibantu melakukan pendaftaran, termasuk scan dokumen pendukung yang dibutuhkan dalam persyaratan.

Tidak hanya itu, juga ada pegawai yang akan memandu dan membantu apabila pendaftar mengalami kesulitan. Tentunya akan diarahkan melakukan pendaftaran melalui SIAKBA, di laman www.siakba.kpu.go.id.

Perlu diketahui, pelayanan helpdesk pendaftaran PPK Pemilu 2024 di Kota Pangkalpinang dilaksanakan mulai 20-29 November 2022 pada pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. (*/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *