Reses di Desa Pinang Sebatang, Adet Harap Warga Ambil Andil Dibidang Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

WARTABANGKA, SIMPANG KATIS – Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) daerah pilihan (Dapil) Kabupaten Bangka Tengah, Adet Mastur SH, MH, berharap warga turut ambil andil di bidang ekonomi kreatif dan pariwisata.

Hal itu disampaikan Adet di sela-sela menjaring aspirasi (Reses) Masa Sidang II Tahun Sidang III, di Desa Pinang Sebatang, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (9/2).

“Dalam pelaksanaan reses ini, ada sejumlah gagasan dan aspirasi yang kemudian disampaikan oleh masyarakat kepada kita. Umumnya masalah ekonomi dan salah satunya terkait sektor perkoperasian,” ungkapnya.

Ketua Komisi II di DPRD Babel itu juga menyampaikan, ia dan rekan-rekan di lembaga legislatif sedang berjuang untuk mencapai sejumlah target.

“Kita sampaikan kepada warga bahwa target kita kedepan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini, Insyaallah dapat segera mencapai swasembada beras dan juga juga swasembada daging, disamping itu memberikan bantuan bibit dan benih tanaman kepada kelompok tani,” terangnya.

Sementara itu, terkait harga lada serta karet yang dikeluhkan warga karena sedang mengalami lambatnya harga, serta dinilai tidak sesuai dengan harga pestisida yang terus meroket, politisi PDIP itu mengimbau, warga dapat dapat lebih bijak dalam menentukan pilihan jenis tanaman yang hendak ditanami sehingga tidak bersifat counter produktif dengan permintaan pasar.

“Jangan kita membudidayakan tanaman yang potensi pasarnya belum jelas. Pilih komoditas tanaman yang mudah diperjualbelikan serta memiliki potensi ekspor,” sarannya.

Ia pun juga berharap, petani maupun warga yang hadir dalam reses itu agar lebih mengedepankan kreativitas seperti membentuk usaha kecil menengah, menggunakan data-data yang tepat ketika berkoperasi.

Seperti memetakan jumlah petani, pedagang maupun pengrajin dan berjuang secara kolektif dalam mencapai hasil.

Selain itu juga imbuhnya, penting untuk menjaga kualitas panen dan produk kerajinan serta bermitra dengan perusahaan-perusahaan yang sudah mapan.

Menutup kegiatan reses tersebut, Adet Mastur pun berharap kepada konstituen yang hadir, agar tetap melestarikan budaya asli Pulau Bangka.

Seperti tradisi Nganggung yang kian hari terus terkikis dan menjadi langka.

“Kita sudah berada di era pasca tambang timah. Pembangunan ekonomi kita ke depan ada di sektor ekonomi kreatif dan pariwisata, oleh karena itu lestarikanlah budaya,” harapnya. (*/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *